gallery

[recent][gallery1]

Ini Cara Petani Sukses Memeriksa Keasaman Lahan!

Untuk menghasilkan produk agrikultur yang berkualitas, dibutuhkan kontrol terhadap berbagai parameter tanah, yaitu:
  1. Unsur hara, yaitu unsur-unsur atau senyawa-senyawa yang dibutuhkan oleh tanaman seperti Nitrogen dan Fosfat.
  2. Kelembaban, yaitu kandungan air rata-rata yang terdapat pada sebidang lahan yang akan digarap.
  3. Kandungan logam, yaitu kandungan mineral yang dibutuhkan tanaman seperti Mangan.
  4. Keasaman, yaitu konsentrasi ion H+ atau pH pada sebidang lahan yang akan digarap.
Tiga parameter di atas mungkin sangat mudah ditreatment oleh para petani pemula. Sederhananya, jika kurang pupuk, maka tinggal tambahkan pupuk. Jika tanah kering, tinggal siramkan air. Namun bagaimana dengan memeriksa keasaman?

harga ph meter, harga ph meter tanah, harga ph meter tanah digital, harga ph meter tanah takemura, Alat Laboratorium,
kebun sukses akibat berhasil mentreatment keasaman tanah
Tahukah Anda bahwa sebagian besar petani gagal dalam menggarap lahan karena tidak bisa memeriksa keasaman lahan?

Hal ini karena mereka tidak mengetahui konsekuensi dari tanah yang terlalu asam ataupun tanah yang terlalu basa, seperti penjelasan di bawah ini:

a). Pada tanah atau media tanam lainnya yang memiliki tingkat KEASAMAN TINGGI (ASAM), unsur magnesium, kalsium dan fosfor akan terikat secara kimiawi sehingga tidak dapat diserap oleh tanaman. Pada kondisi seperti itu, unsur alumunium dan mangan akan bersifat racun dan merugikan tanaman. Pemberian pupuk tidak akan efektif dan tidak efesien karena unsur hara tidak diserap tanaman. Tanaman akan tumbuh tidak normal dan produktifitas rendah dengan kualitas yang buruk.

Untuk mengurangi tingkat keasaman dapat dilakukan dengan pemberian dolomit (Kapur Pertanian). Pemberian dolomit dengan dosis sesuai kebutuhan dapat dilakukan untuk menyesuaikan nilai pH tanah. Silahkan baca : Dosis dan Cara Pemberian Pupuk Dolomit

b). Pada tanah atau media tanam dengan tingkat ALKALIN TINGGI (BASA) unsur hara mikro seperti tembaga, mangan, seng dan besi akan terikat secara kimiawi dan tidak dapat diserap oleh tanaman.

Seperti halnya tanaman pada tanah asam, pada tanah basa tanaman juga tidak akan tumbuh dan berproduksi secara maksimal. Pemberian kapur gypsum dapat dilakukan untuk menetralkan sifat basa tanah. pH tanah akan turun setelah kelebihan unsur sodium habis, walau hanya pada angka 7,5 saja.

Untuk memeriksa keasaman lahan, digunakan pH meter tanah TAKEMURA seperti di bawah ini.
Harga PH Meter, Harga PH Meter air laut, Harga PH Meter air minum, Harga PH Meter air surabaya, Harga PH Meter digital, Harga PH Meter hanna, Harga PH Meter tanah, Harga PH Meter tanah digital terbaru, Harga PH Meter tanah takemura

Cara menggunakannya sebagaimana dijelaskan oleh sales Ady Water di bawah ini.



BAGAIMANA MEMBELI PH METER TANAH TAKEMURA TERBARU
Untuk membeli pH meter tanah ini sangat mudah. Anda cukup menghubungi sales kami di 0821 2742 3050 untuk mendapatkan harga pH meter tanah ini.
Share on Google Plus

About AnalyzerTOC

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.