gallery

[recent][gallery1]

Antara Silica Gel atau Alumina Aktif untuk Dessicant?

Secara umum desiccant ialah substansi penyerap kelembaban sebagai solusi masalah uap air. Mengapa uap air/kelembaban disebut masalah?

Misalnya pada industri pangan, kelembaban akan menyebabkan: produk pangan kering menjadi melempem/ tidak renyah, menggumpal, bau, bahkan berjamur dan rusak.

Selain makanan, variasi produk lain juga sensitif terhadap kelembaban. Dengan adanya kelembaban, produk-produk tertentu akan berubah rasanya, wanginya, warnanya dan bahkan bentuknya. Sumber kelembapan ini bisa jadi dari dalam kemasan atau karena packaging dapat ditembus masuk udara.

Ady Water menjual dessicant, yaitu silica gel dan alumina aktif. Kedua material ini memanfaatkan karakter adsorpsi molekul H2O yang tinggi, apalagi didukung dengan kapasitas yang sangat besar disebabkan pori-pori kompleks membuat rasio volume penyerapan per gram substansi sangat besar.

Berikut adalah video mekanisme adsorpsi menggunakan dessicant silica gel.

Share on Google Plus

About AnalyzerTOC

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.