gallery

[recent][gallery1]

Bagaimana Cara Membuat Silica Gel Biru

silica gel adalah, silica gel elektrik, silica gel untuk kamera, silica gel bandung, silica gel untuk sepatu, silica gel kiloan, silica gel untuk tas, silica gel jogja, silica gel biru, silica gel untuk makanan, silica gel, silica gel desiccant, silica gel ace hardware, silica gel air dryer, silica gel alumina, silica gel apa, silica gel adsorben, silica gel as adsorbent, silica gel adsorber, silica gel bahaya, silica gel beracun, silica gel bekas, silica gel beli dimana, silica gel biru vs putih, silica gel blue, silica gel buat makanan, silica gel bukalapak, silica gel c orange, silica gel dapat dibeli dimana, silica gel di ace hardware, silica gel di apotik, silica gel demak, silica gel di makanan, silica gel dslr, silica gel dryer, silica gel dalam makanan, silica gel dangerous, silica gel electric, silica gel elektrik jogja, silica gel fungsi, silica gel jual jakarta, silica gel jakarta selatan, silica gel jual bandung, silica gel jual surabaya, silica gel joanns, silica gel kamera, silica gel kegunaan, silica gel kaskus, silica gel murah, silica gel manfaat, silica gel msds, silica gel malang, silica gel makanan, silica gel medan, silica and gelatin, silica gel orange, silica gel olx, silica gel oven, silica gel oxygen absorber, silica gel putih, silica gel pada sepatu, silica gel pink, silica gel purwokerto, silica gel surabaya, silica gel sepatu, silica gel semarang, silica gel structure, silica gel supplier, silica gel sio2, silica gel sachets, silica gel silica gel, silica gel tangerang, silica gel tokopedia, silica gel terbuat dari, silica gel terbaik, silica gel type a, silica gel testing, silica gel untuk apa, silica gel untuk hp, silica gel untuk bunga, silica gel untuk lemari, silica gel untuk pakaian, silica gel untuk kue kering, silica gel wikipedia, silica gel warna putih, silica gel warna pink, silica gel wikipedia indonesia, silica gel water adsorption, silica gel white, silica gel warna biru, big w silica gel, silica gel yang bagus, silica gel yogyakarta, silica gel youtube, silica gel yellow, silica gel yahoo, silica gel yahoo answers, silica gel ymc, youtube silica gel, silika gel yang bagus, toko silica gel yogyakarta, silica gel 1 gr, silica gel 10g, silica gel 1g, silica gel 100, 1 gram silica gel packet, silica gel 1kg, silica gel 25kg, silica gel 250g, silica gel 25g, silica gel 2g, silica gel 200g, silica gel 40 gram, silica gel 500g, silica gel 5kg, silica gel 5-8 mesh, silica gel 500 gram, silica gel 50g, silica gel 5g,

Anda yang membaca di sini pernah atau akan membaca Silica Gel Biru dari Ady Water perlu juga mengetahui bagaimana proses pembuatan silica gel biru. Ada beberapa cara membuat silica gel biru, di sini kami akan mengurai secara sederhana pembuatan silica gel biru dari sebuah studi yang dilakukan oleh DE PADUA, Aileen L et al (2004) dari Mapua Institute of Technology, School of Chemical Engineering and Chemistry.

Silica gel biru yang diproduksi menggunakan bahan dasar rice husk atau sekam padi. Bagaimanakah caranya? Berikut prosesnya.
Pencucian
Sekam padi dari sumber pertama dicuci dengan air (recycle dari boiler) untuk menghilangkan tanah, pasir, dan sampah lainnya sebelum dimasukkan ke incinerator (tungku pembakaran)
Pembakaran
Incinerator yang digunakan adalah tipe rotary kiln incinerator. Temperatur incinerator dijaga dengan rentang 600 - 650oC dengan tekanan atmosfer. Sekam kemudian dimasukkan ke dalam tungku pembakaran hingga menjadi abu. Proses ini akan menghilangkan kandungan organik dan meninggalkan sisa yang kaya silica.

Harus diperhatikan bahwa temperatur tidak boleh di atas 650oC, karena akan terjadi perubahan dari silica amorf menuju silica quart, yang tidak diinginkan.
Pembentukan Sodium Silikat
Debu dari proses pembakaran kemudian dimasukkan ke dalam reaktor dan ditambahkan 2.5M sodium hidroksida untuk memproduksi sodium silikat liquid dengan cara dikocok terus pada temperatur ambien dan tekanan atmosfer. Waktu reaksi nya sekitar 45 menit.
3.4SiO2 + 2NaOH Na2O 3.4SiO2 + H2O
Sentrifugasi
Larutan sodium silicate dari reaktor dimasukkan ke dalam mangkok sentrifugal kemudian dilakukan sentrifugasi (diputar dengan kecepatan tinggi), sehingga akan terpisah materi tak larut dari larutan, yaitu sekam yang belum terbakar, silika yang tak bereaksi, dan beberapa materi oksida K2O, MgO, atau CaO. Proses ini dilakukan dalam waktu 20 menit.
Pembentukan Silica Sol
Silica Sol adalah partikel dispersi yang stabil berukuran koloid dalam larutan aqueous. Semakin tinggi kandungan silica dalam sol, maka akan lebih baik untuk mendapatkan gel. Untuk mendapatkan gel dengan tingkat kekerasan dan kekuatan tertinggi, gel dibentuk pada pH dan temperatur rendah.

Cara membentuk silica sol adalah larutan sodium silicate dari proses sentrifugasi direaksikan dengan asam sulfat bertemperatur 0oC dan dengan konsentrasi 3M secara perlahan-lahan hingga terjadi pen-gelan. Reaksi harus dijaga tetap 0oC, karena kenaikan temperatur sedikit saja (di atas 3oC) akan menghalangi pen-gelan. Reaksi ini terjadi dalam waktu 45 menit.

Na2O⋅ 4.3 SiO2 +H2SO4 → 4.3 SiO2+Na2SO4 +H2O
Pembentukan Gel
Silica sol dari reaktor dimasukkan ke dalam pengering dan dipanaskan menggunakan oven dengan temperatur yang dijaga 65 - 75oC dan tekanan atmosfer. Proses ini menghabiskan waktu 45 menit. Tahapan yang terjadi adalah polimerisasi partikel silika, pertumbuhan ukuran pertikel, dan terikatnya antar partikel dalam rantai cabang, jaringan, dan tereksten pada seluruh medium.
Sinerisis
Setelah pembentukan gel terjadi, temperatur dinaikkan 9oC selama 12 jam agar terjadi pengecilan dan kondensasi sehingga gel yang muncul memiliki kemurnian yang sangat tinggi.
Screening
Pellet dari oven sinerisis dimasukkan ke screen horizontal yang bergetar secara mekanik untuk menyeragamkan ukuran. Screening juga akan menghilangkan sebagian besar sisa Na2SO4 yang tersisa pada produk. Pellet disaring sehingga terpisah antara pellet berukuran lebih besar dari 7mm, 5-7mm, dan yang lebih kecil dari 5mm. Ukuran 5-7mm inilah yang diinginkan.
Pencucian
Silica gel dicuci dengan penyemprotan hydrogel untuk menghilangkan sisa terakhir electrolytes dari gel. Gel dicuci sehingga pH nya berentang 4-6 dengan waktu pencucian 30 menit.
Pengeringan

Setelah dari mesin pencucian, silica gel yang mengandung air dikeringkan dengan temperatur diatur antara 105-110oC. Pada proses ini, molekul air yang terserap dalam gel akan menguap. Proses dilakukan dalam waktu 45 menit.
Pencampuran
Pellet yang sudah dikeringkan dicampur dengan cobalt chloride dengan rasio berat cobalt chloride : silica gel adalah 1/10
Aktivasi
Proses ini adalah untuk memastikan tingkat kemurnian mencapai 99% dengan pemanasan kembali dengan temperatur 180 - 210oC karena masih tertinggal sekitar 10% air yang terikat dengan silica gel. Waktu pengeringan ini adalah 45 menit.
Begitulah salah satu alternatif proses untuk menghasilkan silica gel biru seperti yang Anda beli dari Ady Water.
Share on Google Plus

About AnalyzerTOC

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.